Sabtu, 05 Mei 2018

ARTIKEL TENTANG WINDOWS


Pengenalan windows
Windows dalam bahasa inggris yang artinya dalam bahasa indonesia adalah jendela-jendela, namun jika dikaitkan dengan istilah komputer pengertian windows bisa menjadi lain. Windows adalah sebuah sistem operasi yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan amerika yang bernama microsoft. Sistem operasi adalah sistem dasar untuk mengoperasikan sebuah alat elektronik .(sebagai gambaran lain dalam istilah handphone kita mengenal adanya sistem operasi bernama symbian.)
Windows adalah keluarga sistem operasi yang  dikembangan oleh microsoft,dengan menggunakan antar muka berbasis GUI (Graphical user interface).  Sistem operasi telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis mudus text dan comand-line.
Karena merupakan sistem dasar, kita bisa menggunakan program-program atau aplikasi lain untuk melengkapi sistem operasi, misalnya untuk membantu proses tulis-menulis orang menambahkan program microsoft word/excel, dan untuk membantu proses editing  suatu foto orang memasang program Adobe Photoshop.
Sistem operasi yang cukup populer selain windows adalah linux dan mac OS. Jika windows dan mac OS merupakan sistem operasi berbayar , maka linux adalah sistem operasi yang gratis, tetapi karena mungkin “lebih unggul dari dari segi waktu perilisan” windows lebih sering digunakan daripada linux.
Sejarah windows
Windows  adalah keluarga sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh microsoft, sejak tahun 1980-an Microsoft coorporation di Bellevue, Washingthon yang dikepalai oleh Wiliam Bill Gates, mengembangkan OS dengan nama  MS-DOS (Microsoft Soft-Disk Operating System). MS-DOS masih berbasis command line (modus text)
Sistem operasi windows ini pun berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus text dan command-line kearah kearah OS-GUI. Windows versi pertama,Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 november 1983, tetapi baru keluar pasar  pada bulan november tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.
Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16 bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan diatas MS-DOS , Sehingga ia tidak dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS begitu pula pada versi 2.x versi 3.x. Beberapa versi terakhir dari windows dimulai dari versi 4.0 dan windows  NT 3.1, Merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft windows kemudian berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.
Perkembangan versi windows
Windows versi 1.0
Merupakan versi pertama windows yang dirilis pada tanggal 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehinga kurang populer di pasaran.
Windows versi kedua muncul pada tanggal 9 desember 1987 nama”windows” akan lebih memikat konsumen dan menjadi sedikit populer dibandingkan dengan pendahulunya.sebagian kepopuleritasnya didapatkan karena kedekatan aplikasi grafis buatan microsoft , microsoft excel for windows dan microsoft word for windows.
 Berikut adalah berbagai perkembangan versi windows sampai sekarang:
·         Windows versi 2.1 (dirilis pada tangggal 5 januari 1989)
·         Windows versi 3.0(dirilis pada tahun 1990)
·         Windows versi 3.1(dirilis pada tahun 1992)
·         Windows 95(dirilis pada tanggal 24 agustus 1995)
·         Windows 98 (dirilis pada tanggal 25 juni 1998)
·         Windows 2000(dirilis pada tanggal 17 februari 2000)
·         Windows ME(dirilis pada bulan september 2000)
·         Windows XP(dirilis pada tahun 2001)
·         Windows server 2003 (dirilis pada tanggal 24 april 2003)
·         Windows vista (dirilis  pada tanggal 30 november 2006)
·         Windows server 2008 (dirilis pada tanggal 27 februari 2008)
·         Windows 7(dirilis pada tanggal 7 oktober 2009)

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WINDOWS



Ø  KELEBIHAN WINDOWS
  • Banyak aplikasi yang mendukung di windows serta dukungan driver hardware pun sudah tidak usah dtanyakan lagi , berbeda dengan linux  misalnya yang mungkin anda akan mengalami sedikit kendala dalam menginstal hardware baru
  • User friendly, karena mengguanakan sitem GUI (Graphical user interface) multitasking bisa dikatakan sebagai leader GUI dikancah Sistem Operasi.
  • Mudah untuk digunakan, mungkin karenakan kita sudah sangat familiar dengan windows . tapi pada dasarnya penggunaan bisa dikatakan relevative karena pasti setiap orang  pasti memiliki opini yang berbeda.
Ø  KEKURANGAN WINDOWS
  • Sistem Operasi yang berlisensi (berbayar) artinya kita harus mengeluarkan dana yang cukup besar jika ingin menggunakan sistem operasi windows ini.
  • Banyak programmer yang berusaha merusak keamanannya(dikarenakan berbayar) yaitu bisa dengan membuat virus,spyware, trojan dan Adware.
  • Windows tidak banyak menyediakan program setelah diinstal, jika ada mungkin anda hanya menemukan Internet Explorer, Media Player , Notepad dan beberapa program kecil lainnya,
Ini sangat berbeda dengan linux , sekalipun linux juga suatu sistem operasi tetapi linux  didistribusikan  dengan banyak program didalamnya ( itu sebabnya dikatakan istilah distro  dari kata distribusi linux). Apabila setelah diinstal , anda akan menemukan banyak program dari hampir semua kategori program, sebut saja kategori office suite, Multimedia (sound,video,grphics), Ineternet (email,chat,downloader, mesangger, torrents , news browser) 3D, Games, utility,dll.
Dengan waktu instalasi yang hampir sama, Anda bukan hanya mendapatkan suatu sistem  tetapi juga semua program yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari di Linux. Berbeda dengan windows yang hanya sistem operasi dasarnya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar