Sabtu, 19 Mei 2018

ARTIKEL MENGENAL VIRUS PADA KOMPUTER


.     
·         Virus Komputer
 
Virus komputer adalah program yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri, dan kemudian menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Tentu saja virus komputer bersifat merusak dan mengganggu kerja komputer.

·         Sejarah dan perkembangan virus computer

Dalam sejarah dan perkembangan komputer, pada tahun 1960 di sebuah  laboratorium yang merupakan laboratorium komputer raksasa di dunia, pada saat rehat para para programmer yang bekerja di laboratorium tersebut membuat sebuah permainan yang disebut dengan perang program atau core war. Core war itu sendiri adalah membuat suatu program yang dibuat untuk menyerang, memperbaiki dan memusnahkan. Pemenang dalam permainan program ini yaitu pemilik program yang memiliki sisa program terbanyak dalam waktu yang telah ditentukan. Sebenarnya virus termasuk sebuah program/software, namun virus diciptakan untuk hal-hal yang menyebabkan merugikan.
Seorang ilmuwan komputer Amerika dan dikenal sebagai penemu teknik pertahanan virus komputer yang bernama Frederick B. Cohen sekitar tahun 1983, pada saat itu masih menjadi mahasiswa di University of Southern California School of Engineering (saat ini Viterbi School of Engineering), menulis sebuah program yang dapat menguasai sebuah sistem operasi komputer. Program tersebut merupakan salah satu virus komputer pertama.
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan di bidang komputer, sekitar tahun 1989, ditemukanlah virus komputer yang dikenal dengan virus polimorf. Virus tersebut dikenal dengan V2Px yang dengan sendirinya dapat mengubah diri menjadi varian baru. Sekitar tahun 1990, virus DIR II memiliki kemampuan baru dalam menginfeksi program dengan cara menyerang data-data FAT.

·         Macam macam virus computer dan cara kerjanya 
Virus komputer memiliki berbagai jenis. Jenis-jenis itu menggambarkan beragam serangan yang terjadi pada komputer. Menurut cara kerjanya, virus dapat dikelompokan dalam beberapa kategori. Beberapa darinya antara lain:
a)      Worm
Adalah jenis virus yang tidak menginfeksi program lainnya. Ia membuat duplikat dirinya sendiri dan menginfeksi komputer lainnya, tetapi tidak mengkaitkan dirinya dengan program lainnya. Sebuah worm dapt mengubah dan merusak file program.
b)      Trojan
Trojan adalah program yang dibuat seperti program baik dan berguna pada pengguna komputer (crack, game, atau program lain) yang ketika diinstal ke dalam komputer dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komputer tersebut.
c)      Spyware
Spyware adalah program komputer yang dibuat untuk memata-matai komputer korbannya. Awalnya spyware ini digunakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan penggunaannya dalam menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengguna komputer tersebut.
d)     Malware
Adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem.
e)      Polymorphic Virus
Virus ini agar tidak dikenali oleh antivirus dengan cara selalu merubah-rubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program lain. Jadi alhasil, virus ini tetap menjadi buron sebisa mungkin.Virus ini Dirancang buat mengecoh program antivirus, artinya virus ini selalu berusaha.

·         Perangkat yang diserang virus dan cara mengatasinya

Virus komputer punya berbagai cara untuk menyebar,antara lain: internet, melali flashdisk, dan sebagainya. Akibat apabila virus sudah menyebar pada komputer, maka program yang ada pada komputer akan terasa berjalan lebih lambat bahkan tidak dapat dibuka.
Jika kita sering mendengar virus dalam biologi yang menyerang kekebalan tubuh, maka virus komputer dapat menyebar dan menyerang pada perangkat lunak (software), dan secara tidak langsung juga dapat merusak perangkat keras (hardware) pada komputer.
Efek negatif adanya virus komputer antara lain: mengunduh file-file aneh berupa virus jahat untuk memperbanyak dirinya sendiri, dapat mengakibatkan kinerja komputer lebih lambat. Sedangkan virus komputer dengan cepat menyebar dan menyerang program di komputer.
Jenis komputer yang biasa diserang oleh virus jahat adalah komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Beruntung bagi anda yang mempergunakan perangkat komputer dengan OS Mac dan linux, sebab tidak terlalu besar potensi adanya virus jahat.
Oleh sebab itu tidak heran apabila anda sering menemui file-file bersifat sampah yang jumlahnya cukup besar pada hard disk komputer. Hal itu disebabkan oleh kegiatan meng-copy dirinya sendiri untuk menyerang program aplikasi atau bahkan perangkat keras komputer.
Cara mengatasi apabila virus sudah menginfeksi komputer salah satunya adalah dengan menyiapkan program antivirus pada komputer. Antivirus yang akan digunakan pastikan yang sudah terpercaya dalam membasmi virus-virus komputer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar