Senin, 11 Juni 2018

ARTIKEL TENTANG PROCESSOR

·         PENGERTIAN PROCESSOR

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer.
Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut Microprosessor yang sekarangukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU)

·         FUNGSI PROCESSOR

Fungsi Processor dalam komponen komputer sangat penting sekali, karena processor merupakan pusat pengendali dan memproses kerja sebuah komputer. Processor sendiri pada umumya hanya berfungsi untuk untuk memproses data yang di terima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan keluaran atau output.
Cara kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM. Fungsi Processor juga di gambarkan sebagai otak dari sebuah komputer itu sendiri, di mana setiap data akan melalui processor mengeluarkan atau output yang sepatutnya. Processor juga dikenal sebagai Central Processing Unit atau ringkasan CPU.
Processor hanya dapat mengenali bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja yaitu 0 dan 1 (01010101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.
Pada awalnya fungsi processor hanya untuk pengolahan aritmatika saja, seperti? kalkulator pada saat ini. Namun sekarang ini processor telah bergeser fungsinya mengarah ke multimedia.

·         SEJARAH PROCESSOR

Pada masa dahulu bentuk processor di pasang secara slot, tetapi saat ini, bentuk processor semuanya di pasang secara socket. Pada saat ini terdapat dua perusahaan besar processor yaitu?Intel dan AMD.?Bentuk luar dari keduanya hampir sama yaitu berbentuk segiempat dan mempunyai banyak pin. Fungsi Processor Intel yang tidak memiliki pin yaitu socket LGA775, sebaliknya motherboard yang lain mempunyai pin connector untuk di hubungkan dengan processor.
Sistem Operasi dari processor komputer atau CPU adalah sebuah sirkuit elektronika yang beroprasi dengan kecepatan tinggi dengan bantuan quartz crystal, ketika mengalami sebuah electrical currant, mengirimkan pulsa yang disebut peaks dan clock speed (cycle). Frekuensi clock umumnya merupakan kelipatan dari frekuensi sistem ( FSB , Front-Side Bus ), yang berarti kelipatan dari frekuensi motherboard.
Jumlah bit dalam fungsi processor bervariasi sesuai dengan jenis data, mulai dari 1 dan 4 byte 8-bit. Instruksi dapat dikelompokkan berdasarkan kategori, di antaranya Access Memory, Operasi Aritmatika, Logika Operasi dan Pengendalian.

·         JENIS –JENIS PROCESSOR 

Berikut ini adalah beberapa jenis prosessor, antara lain.
1. Intel Processor
Intel processor merupakan salah satu produk paling terkenal bagi sebagian pengguna teknologi komputer. Jika dilihat dari segi produk, saingan terberat dari intel yaitu AMD . Intel adalah sebuah perusahaan multinasional yaitu Intel Corporation, yang berdiri pada tahun 1968 dengan pusat pengembangan dna produksinya berada di Amerika Serikat. Selain itu, perusahaan intel ini dikenal sebagai produsen yang mempunyai rancangan terhadap mikroprocessor.
2. AMD (Anvanced Micro Processor)
Secara luas Anvanced Micro Processor lebih dikenal dengan sebutan AMD. Tinggat penggunaan jenis processor AMD masih berada dibawah Intel namun produksi AMD ini terus melakukan pengembangan produk yang lebih baik.AMD merupakan sebuah perusahaan multinasional terbesar kedua setelah intel corporation yang berbasis pada pengembangan produk processor untuk komputer.
3. ARM Processor
ARM Processor merupakan sebuah perusahaan dimana didalamnya terdapat arsitektur processor mencapai 32 bit. Pusat pengembangan dan basis produksi ARM Processor ini berada dibawah lisensi ARM Limited. Processor ini digunakan untuk processor pada ponsel, jadi tidak heran jika hardware ini banyak tertera pada berbagai macam smartphone.
4. Cyrix Processor                 
Cyrix merupakan sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan terhadap mikroprocessor komputer. Awal pendirian perusahaan serta produksi produk dilakukan pada tahun 1988. Pusat pengembangan dan produksi processor ini beradadi Texas. Perlu kita ketahui bahwa Cyrix ini merupakan salah satu pemasok processor yang mempunyai performa cukup tinggi.
5. Transmeta Processor
Transmeta ini merupakan sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan pada bidang semi konduktor mikroprocessor. Pusat pengembangan serta produksinya terletak di California.
6. Via
Via ini merupakan sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan atau riset terhadap chipset. Berbeda dari kebanyakan produsen processor yang dikembangan dieropa, produk yang satu ini merupakan salah satu bagian dari Formisa Plastics Group dimana pusat pengembangan serta produksinya dilakukan di Taiwan.
7. Apple Processor
Apple ProcessorPada mulanya, perusahaan ini dikenal dengan nama Apple Computer, Inc namun belakangan ini perusahaan processsor dibawah lisensi apple ini disebut sebagai Apple Inc saja. Pergantian nama ini dilakukan pasca peluncuran produk baru iphone.
8. IBM Processor
IBM merupakan kependekan dari International Bussiness Machines Corporation adalah suatu perusahaan yang melakukan produksi serta penjualan beragam hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) komputer. Pendirian perusahaan IBM dilakukan pada 16 Juni 1911 lalu pelaksanaan produksinya mulai beroperasi sejak tahun 1888.
9. IDT Processor
Perusahaan ini mempunyai nama Integratetd Device Technology namun lebih dikenal dengan sebutan IDT. Produksi processor yang dihasilkan oleh IDT ini termasuk murah jika dibandingkan dengan processor dari merk lain. Tempat pengembangan dan produksinya berada di San Jose, Clifornia, Amerika Serikat.
Demikian penjelasan seputar  Penjelasan lengkap Jenis Jenis Processor pada Komputer , semoga bermanfaat.. terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar