Kamis, 07 Juni 2018

ARTIKEL TENTANG ANTIVIRUS


·         .      Antivirus
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

·         Cara Kerja Antivirus 
Antivirus memiliki beberapa teknik untuk mengatasi masalah komputer yang terkena virus, antara lain :
a)      Signature
Signature adalah teknik antivirus untuk mengenali virus dengan cara mencocokkan isi file yang terdapat pada komputer dengan malware yang sudah terdaftar atau yang sudah ada pada signature database antivirus. Jika ada file yang cocok dengan signatur, maka antivirus akan mengetahui tipe malware tersebut dan prosedur yang harus dilakukan untuk menghindari infeksi.
b)      Heuristik
Software antivirus juga memiliki heuristik, yaitu kemampuan antivirus untuk mengenali malware baru, bahkan tanpa adanya file virus definition. Sebagai contoh, jika antivirus memberitahu terdapat aplikasi yang berjalan di sistem dan mencoba untuk membuka setiap file EXE di komputer kamu lalu menginfeksi dengan menulis salinan aplikasi asli ke dalamnya, antivirus akan mendeteksi aplikasi ini sebagai file baru, yang diketahui sebagai virus tidak dikenal.
c)      Scan Rootkit
Antivirus bisa melakukan scan rootkit, rootkit adalah jenis malware yang dibuat untuk bisa mengontrol sistem administrasi komputer tanpa terdeteksi. Ini adalah salah satu virus yang paling berbahaya, karena bisa mengendalikan komputer kamu. Rootkit dapat mengubah semua fungsi sistem pada sistem operasi, karena itu ia bisa membuat
antivirus tidak berdaya untuk mendeteksinya. Rootkit juga merupakan malware yang sulit dihapus, kebanyakan harus diatasi dengan menginstall ulang sistem operasi.
d)     Real-time Protection
Real-time protection atau perlindungan real-time, on-access scanning, background scanning, resident scanning dan istilah lainnya. bertujuan untuk perlindungan otomatis yang dimiliki sebagian besar antivirus. Teknik ini akan memonitor sistem komputer setiap saat untuk melihat adanya aktivitas mencurigakan yang dilakukan virus, spyware, adware atau malware.

Berikut ini adalah beberapa antivirus komputer gratis yang cukup bagus :
  • AVG Free Edition
Antivirus ini sangat bagus karena selain ringan di komputer, banyak virus yang bisa dideteksi antivirus ini baik virus lokal maupun luar. Tentu Anda harus melakukan update secara berkala supaya virus-virus baru dapat dikenali antivirus AVG
Selain sebagai antivirus, AVG Free Edtion ini juga dilengkapi dengan antispyware untuk melindungi komputer dari serangan spyware saat Anda menjelajah internet.
  • Avira Antivir Personal - Free
Antivirus komputer ini melindungi komputer dari berbagai virus, worm dan trojan. Antivirus ini bisa digunakan secara gratis untuk penggunaan pribadi/rumahan.
  • Avast Free Antivirus
Avast juga mengeluarkan produk gratisnya untuk digunakan secara pribadi. Dengan melakukan update secara berkala, antivirus komputer ini juga sangat efektif di dalam mengenal berbagai virus komputer.
Tentu antivirus gratis ini menyediakan perlindungan mendasar untuk komputer Anda. Jika Anda ingin perlindungan menyeluruh, Anda bisa mencoba produk berbayarnya yaitu Avast Pro dan Avast Internet Security.
  • Ad-Aware Free Internet Security
Antivirus komputer gratis ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Kemampuan yang dimiliki antivirus ini lebih kepada keamanan saat Anda menggunakan jaringan internet.
Selain melindungi dari virus, antivirus ini juga melindungi Anda dari berbagai gangguan keamanan lain seperti spyware, trojan dan lain-lain.

Note :
 Komputer yang sudah terpasang antivirus tidak dianggap aman 100% dari gangguan virus komputer, karena sampai sekarang belum ada anti virus yang sempurna untuk menghilangkan atau menghapuskan virus pada komputer secara tuntas. Akan tetapi, untuk sekedar mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dari gangguan virus, kita sebaiknya tetap menggunakan antivirus. Saat kita memilih antivirus diharapkan memilih antivirus yang sudah trbuukti kualitasnya dalam melindungi komputer dari berbagai ancaman yang berrupa virus ataupun yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar