Rabu, 20 Juni 2018

ARTIKEL TENTANG LINUX


1.      Sejarah Linux

Pada Awalnya linux adalah nama kernel atau jantung system operasi computer yang dibuat pertama kali oleh Linus Torvalds pada 1991. Linus mengizinkan siapa saja menggunakan, mempelajari cara kerjanya, dan mendistribusikan Linux, dengan lisensi GNU GPL (General Public License) atau lebih terkenal dengan istilah Free Software.
Saat ini, nama Linux tidak hanya digunakan untuk menyebut kernel, namun juga system operasi yang lengkap. Bahkan Linux juga digunakan untuk menyebut distribusi (gabungan system operasi dan berbagai aplikasi) atau distro Linux. Contoh distro Linux: BlankOn, CentOS, Debian, Fedora, Gentoo, Mandriva, Mint, Nusantara, openSUSE, RedHat, Slackware, Ubuntu, Xandros, dan lain-lain.
Richard Stallman, pendiri Yayasan Free Software, mengusulkan penulisan system operasi Linux adalah GNU/Linux atau GNU-Linux, karena system operasi berisi kernel Linux dan beberapa program dari project GNU.
Open Source adalah istilah untuk software yang source code-nya (kode programnya) disediakan oleh pengembangnya untuk umum agar dapat dipelajari cara kerjanya, diubah atau dikembangkan lebih lanjut, dan disebarluaskan.
Pembuat kernel Linux system operasi Unix dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan peertama kali dirilis pada 1970.faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi yang menyebabkannya dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi-institusi akademis dan pada pebisnis.
Linux adalah nama yang diberikan kepada system operasi computer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Kode sumber linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Nama “linux” berasal dari pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Peralatan system dan pustaka umumnya berasal dari system operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Konstribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alterntaif GNU/Linux.
Linux telah lama dikenal untuk penggunaanya diserver, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan computer nama seperti  Intel, Dell, Hewlettpackard, IBM, Novell, Oracle Corporation, RedHat, dan sun Micrisystems. Linux digunakan sebagai system operasi diberbagai macam jenis perangkat keras computer, termasuk  computer Dekstop, supercomputer, dan system benang seperti pembaca buku electronic, system permainan video PlayStation 2, PlayStation dan Xbox, telepon genggam dan router. Linux tidak tergantung pada vendor-vendor independence, biaya operasional yang rendah, dan kompitabilitas yang tinggi dibandingkan versi Unix tak bebas, serta factor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan system operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (Open Source Software).

2.      Kelebihan dan kekurangan Linux

·         Kelebihan Linux:
a)    Linux merupakan system opersi bebas dan  terbuka (opensource). Sehingga tidak perlu biaya lisensi untuk membeli    atau menggunakan Linux.
b)   Linux mudah digunakan
c)     Keamanan. Linux sejak awal didesain multi-user, sehingga bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat-sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain
d)   Linux relative stabil. Computer yang dijalankan diatas system operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti
e)    Linux gratis digunakan, gratis pula untuk dimodifikasi dan didistribusikan ulang. Bahkan kita dapat mengembangkan distro kita sendiri.
f)       Beragam pilihan. Hal ini bisa menjadi kelebihan maupun kekurangan. Banyak distro bermunculan, contoh yang popular seperti Ubuntu, Debian, RedHat, Fedora, Mandriva.

·         Kekurangan Linux:
a) banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux.
b)Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux.
c)  Proses instalasi software/aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu persatu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
d)Aplikasi-aplikasi di Linux belum seampuh aplikasi di Windows.
e) Struktur direktori dan hak akses yang membingungkan bagi yang sudah terbiasa dengan Windows dan belum mengenal UNIX/Linux sama sekali.

3.      Macam-macam Distro Linux

1. Debian
Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdoch, seorang mahasiswa dari Universitas, Purdue, Amerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993, Nama Debian berasal dari kombinasi nama mantan kekasihnya [DEB]rad an namanya sendiri [IAN]Murdoch. Ian Murdoch lahir 28 April 1973, di Konstanz, Jerman adalah pendiri Debian GNU/Linux distribusi dan progeni Linux sistem.
2.   Ubuntu
Ubuntu adalah system operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas. Ubuntu dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu. Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu.
3.    Mandrake
Mandrake merupeken varian distro RedHat yang dioptimasi untuk Pentium.
4.RedHat
Redhat adalah contoh sukses perusahaan komersial yang berbasis pada FOSS.   Untuk pengembangan dan kontribusi kepada komunitas Red Hatmen delegasikannya kepada Fedora Project. Redhat diakui sebagai server tercepat dibandingkan dengan server linux lainnya.
5.Fedora
Fedora project adalah sebuah komunitas yang sengaja dibentuk oleh RedHat untuk memisahkan antara bisnisnya dan kontribusi dalam pengembangan Linux. Fedora merupakan kombinasi terbaik dari software yang  terpercaya dan paling baru yang pernah ada dalam dunia software bebas.
6.Slackware
Slackware bisa dikatakan sebagai distribusi Linux yang paling tua.
     Slackware merupakan distribusi sedikit paling susah tetapi memberikan hasil yang seimbang dari sisi stabilitas.
7.Suse
Distribusi buatan jerman ini telah dimiliki oleh Novell, sebuah pe rusahaan yang cukup disegani disekitar tahun 1990 dengan product Networkingnya yang handal dan banyak dipakai.
8.Mandriva
Mandriva linux yang sebelumnya bernam Mandrake Linux merupakan suatu distribusi Linux yang diciptakan oleh Mandriva.
Tujuan awal diciptakannya Mandrake Linux adalah untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan instalasi dan penggunaan Linux itu sendiri. Redhat keluar dekstop manager menggunakan Gnome, mak linux Mandrake keluar  dengan desktop manager KDE buatan SuSE Jerman.
9. centOS
centOS (ENTerprise Operating System) atau (system operasi perusahaan buatan komunitas/masyarakat adalah system operasi bebas yang didasarkan pada RedHat Enterprise Linux (RHEL).
10.  BlankON OS
      BlankON Linux adalah distro Linux yang  dikembangkan oleh Yayasan penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim pengembang BlankON menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum diIndonesia.
11.  Xandros
Xandros memiliki integritas lebih baik dengan jaringan Windows, mampu menjalankan aplikasi officeXP, mampu meresize partisi NTFS saat instalasi, Xandros juga bukan merupakan produk gratis tetapi komersial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar