Senin, 23 April 2018

ARTIKEL TENTANG SIG ( SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS )


SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Pengertian SIG

SIG adalah sistem yang berbasis komputer yang digunakan untuk mengelola, menyimpan, memanipulasi, menganalisis dan menampilkan data keruangan (spasial) terkait dengan geografis yang didasarkan pada kerja komputer.
Berikut pengertian SIG menurut beberapa ahli :
         Barus dan Wiradisastra, (2000), SIG adalah suatu sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang bereferensi spasial atau berkoordinat geografi atau dengan kata lain suatu SIG adalah suatu sistem basis data dengan kemampuan khusus untuk menangani data yang bereferensi keruangan (spasial) bersamaan dengan seperangkat operasi kerja.
         Puntodewo, et.al, (2003) secara harafiah, GIS (Geographic Information System) atau Sistem Informasi Geografis (SIG)  dapat diartikan sebagai ”suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras,perangkat lunak, data geografis dan sumberdaya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk menangkap, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa, dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis”.


Komponen SIG

Sumber data yang dperlukan untuk SIG bisa dari data pencitraan, data lapangan, survey kelautan, peta, dan GPS. Kemudian dapat dihasilkan produk dalam bentuk informasi, yang bisa berupa peta konvensional, maupun peta digital. Tetapi, tidak lepas dari komponen untuk didapatkannya produk tersebut. Komponen SIG diantaranya :

·         Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras yang digunakan dalam SIG adalah keyboard, mouse, scanner, printer, dan yang penting yaitu komputer (PC). Hardware ini bekerja untuk memasukkan data, memproses data, menyajikan hasil data dan sebagai penyimpan data.

·         Perangkat Lunak (Software)
SIG sendiri merupakan software yang tersusun secara modular. Dalam Software harus memiliki spesifikasi yang bagus, seperti SIG yang dapat diakses dengan baik, bisa dipindahkan, diubah dan diproses dengan bantuan berbagai program aplikasi software seperti Database Management System (DBMS) yang dapat memfasilitasi untuk menginput dan memanipulasi data, bisa juga Graphical User Interface (GUI) yang sebagai pemudah akses fasilitas.

·         Data SIG atau data geospatial
Data geospatial dibedakan menjadi dua, diantaranya :
-          Data spasial, yaitu data yang berhubungan dengan keruangan dan data yang menyajikan lokasi geografis atau gambar kongret suatu wilayah di muka bumi.
 -          Data non-spasial (data atribut), yaitu data yang menjelaskan keadaan atau informasi dari objek yang berua lokasi dan posisi yang ditunjukkan oleh data spasial.

·         Manajemen (Brainware)
      Proyek SIG berhasil apabila di manage dengan baik dan dikerjakan oleh orang yang ahli di bidang tersebut. Saat ini, Sumber Daya Manusia (SDM) mengenai SIG sangat terbatas kemampuannya, jika tidak ada SDM yang mengelola dan mengembangkan sistem ini menjadi aplikasi yang bermanfaat.

Pemanfaatan GIS dalam berbagai bidang

      Sistem yang berbasis data dengan kemampuannya mampu menangani data yang bereferensi pada keruangan (spasial) dan berproses dengan seperangkat operasi kerjanya ini mempunyai hubungan baikdengan bidang-bidang dalam kehidupan, yang kemudian dengan adanya SIG dimanfaatkan dalam berbagai bidang
Dimana bidang yang memanfaatkan Sistem Informasi Geografi diantaranya :
·         Bidang Inventarisasi Sumber Daya Alam
·         Bidang Pertanian
·          Bidang Kehutanan
·         Bidang Hidrologi
·           Bidang Penggunaan Lahan
·         Bidang Kesehatan dan masih banyak lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar