Jumat, 30 Maret 2018

ARTIKEL TENTANG LINUX DEBIAN


LINUX DEBIAN

Sebelum kita membahas lebih detail mengenai Debian, kita harus mengetahui dulu apa sih linux itu ??
Linux (diucapkan lɪnəks atau /lɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada system operasi computer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan di distribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Terdapat banyak distribusi Linux (lebih dikenali sebagai distro) yang dibuat oleh individu, grup, atau lembaga lain. Masing-masing disertakan dengan program sistemdan program aplikasi tambahan, di samping menyertakan suatu program yang memasangkeseluruhansistem di komputer (installer program).Inti di setiap distribusi Linux adalah kernel, koleksi program dariproyek GNU (atauproyek lain), cangkang (shell), dan atur cara utilitas seperti pustaka (libraries), kompilator, dan penyunting (editor)
Contoh-contoh distribusi Linux seperti Ubuntu, SuSE, Fedora, BackTrack, Debian, Mandriva, Slackware, dan masih banyak lagi, tetapi disini saya hanya ingin membahas tentang Linux Debian.

*      PengertianDebian


Debian adalah system operasi bebas yang dikembangkan secara terbuka oleh banyak program ersukarela (pengembang Debian) yang tergabung dalam Proyek Debian. Sistem operasi Debian adalah gabungan dari perangkat unak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga popular dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang popular dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia

*        Sejarah Debian
Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdoch, seorang mahasiswa dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993, Nama Debian berasal dari kombinasi nama mantan -kekasihnya [DEB]ra dan namanya sendiri [IAN] Murdoch.
Pada awalnya, Ian memulainya dengan memodifikasi distribusi SLS (Soft landing Linux System). Namun, ia tidak puas dengan SLS yang telah dimodifikasi olehnya sehingga ia berpendapat bahwa lebih baik membangun sistem (distribusi Linux) darinol (Dalam hal ini, Patrick Volker ding juga berusaha memodifikasi SLS. Ia berhasil dan distribusinya dikenal sebagai “Slackware”).
Proyek Debian tumbuh lambat pada awalnya dan merilis versi 0.9x di tahun 1994 dan 1995. Pengalih anarsi tektur keselain i386 dimulai ditahun 1995.Versi 1.x dimulai tahun 1996. Ditahun 1996, Bruce Perens menggantikan Ian Murdoch sebagai Pemimpin Proyek. Dalam tahun yang sama pengembang debian Ean Schuessler, berinisiatif untuk membentuk Debian Social Contract dan Debian Free Software Guidelines, memberikan standar dasar komitmen untuk pengembangan distribusi debian. Dia juga membentuk organisasi “Software in Public Interest” untuk menaungi debian secara legal dan hukum.
            Di akhir tahun 2000, proyek debian melakukan perubahan dalam archive dan managemen rilis. Serta di tahun yang sama para pengembang memulai konferensi dan workshop tahunan “debconf”. Di April 8, 2007, Debian GNU/Linux 4.0 dirilis dengan nama kode “Etch”. Rilis versi terbaru Debian, 2009, diberi nama kode “Lenny”. Deb adalah perpanjangan dari paket perangkat lunak Debian format dan nama yang paling sering digunakan untuk paket-paket binary seperti itu. Seperti “Deb” istilah bagian dari Debian, itu berasal darinama Debra, kemudian pacar dan sekarang mantan istri pendiri Debian Ian Murdock. Paket debian juga digunakan dalam distribusi berbasis pada Debian, seperti Ubuntu dan lain-lain.
            Paket debian adalah standar Unix pada arsip yang mencakup dua gzip,tar bzip.ped atau lzmaed arsip: salah satu yang memegang kendali informasi dan lain yang berisi data. Program kanonik untuk menangani paket-paket tersebut adalah dpkg, paling sering melalui apt / aptitude. Deb paket dapat dikonversi kepaket lain dan sebaliknya menggunakan asing.
Beberapa paket Debian inti tersedia sebagai udebs( “mikro deb”), dan biasanya hanya digunakan untuk boot strap instalasi Linux Debian. Meskipun file tersebut menggunakan ekstensi nama file udeb, mereka mematuhi spesifikasi struktur yang sama seperti biasa deb. Namun, tidak seperti rekan-rekan mereka deb, hanya berisi paket-paket udeb fungsional penting file. Secara khusus, file dokumentasi biasanya dihilangkan. Udeb paket tidak dapat diinstal pada system Debian standar. Saat ini telah terdapat puluhan distribusi Linux yang berbasis kepada debian, salah satu yang paling menonjol dan menjadi fenomena adalah Ubuntu.
            Nama yang dipakai pada nama rilis linux Debian diambil dari nama tokoh yang ada di dalam film Toy Story, misalnya Buzz, Reg, Bo, Hamm, Slink, Potato, Woody, Etch danSarge. Sedangkan untuk status kestabilan paket Debian terbagi menjadi 4 versi, yaitu versi stable, frozen, testing dan unstable.
            Rilis unstable untuk paket-paket baru dan update-an paket lama. Sedangkan penggunaan paket terbaru dan tidak mengandung resiko dapat  menggunakan paket rilis testing.
            Waktu pengguji anda rilis unstable sampai rilis testing membutuhkan waktu sekitar beberapa minggu. Rilis paket frozen merupakan tahapan di manapaket-paket software yang telah melewati rilis testing akan digabungkan kedalam distro Debian untuk diuji kinerja pakets oftwarenya dan memastikan tidak ada bug pada paket software tersebut.
Beberapa versi Debian yang telah Dirilis
Version
Code Name
Rellease date
1.1
Buzz
17 Juni 1996
1.2
Rex
12 Desember 1996
1.3
BO
5 Juni 1997
2.0
Hamm
24 Juli 1998
2.1
Slink
9 Maret 1999
2.2
Potato
15 Agustus 2000
3.0
Woody
19 Juli 2002
3.1
Sarge
6 Juni 2005
4.0
Etch
8 April 2007
5.0
Lenny
15 Febuary 2009
6.0
Squeeze
6 Febuary 2011
7.0
Wheezy
4 mei 2013

 

*      spesifikasi minimal hardware untuk linux debian 6

  1. 32-bit PC (i386)      
  2. 64-bit PC (amd64)      
  3. ARM EABI      
  4. PowerPC      
  5. SPARC      
  6. Intel Itanium IA-64      
  7. MIPS (little endian)      
  8. kFreeBSD 64-bit PC (amd64)      
  9. kFreeBSD 32-bit PC (i386)      
  10. IBM S/390      
  11. MIPS (big endian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar