Sabtu, 24 Maret 2018

ARTIKEL TENTANG JARINGAN KOMPUTER



JARINGAN KOMPUTER

Hasil gambar untuk jaringan komputer

·         Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan computer adalah sekelompok computer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya menggunakan protocol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk dan sebagainya. Selain itu jaringan computer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu computer yang saling berhubungan 

·         Tujuan dibangunnya jaringan computer 

Tujuan dibangunnya suatu jaringan computer adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju kesisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.

·         Manfaat jaringan computer 

Manfaat yang didapat dlam membangun sebuah jaringan computer, yaitu 

1.    Sharing Resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dpat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan computer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
2.    Media Komunikasi
Jaringan computer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
3.    Integrasi data
Jaringan computer dapat mencegah ketergantungan pada computer pusat, karena setiap proses data tidak haarus dilakukan pada satu computer saja, melainkan dapat didistribusikan ketempat lain. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasisetiapsaat.
4.    Pengembangan dan pemeliharaan
Pengembangan perlatan dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah computer yang ada , tapi cukup satu buah karena printer itu dpat digunakan secara bersama-sama. Jarinagn computer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yanga ada pada computer pusat.
5.    Keamanan data
System jaringan computer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karemna pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapat perlindungan yang efektif.
6.    Sumber daya lebih efisien dan informasi terkini
Dengan pemakaina sumber daya secara bersama-sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.

·         Jenis jaringan computer 
 

Berdasarkan jarak dan area kerjanya jaringan computer dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu :
1.    Local Area Network ( LAN ) 
Hasil gambar untuk jaringan komputer LAN
Local Area Network ( LAN ) menggunakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran samapai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan computer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya, misalnya saling bertukar informasi.
2.    Metropolitan Area Network ( MAN )

Hasil gambar untuk jaringan komputer LAN

    Metropolitan Area Network pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahakan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel.
3.    Wide Area Network ( WAN ) 
Hasil gambar untuk jaringan komputer LAN WAN MAN
Wide Area Network ( WAN ), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali meb]ncakup sebuah Negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar