Pengertian Analisis Sistem
Analisis sistem merupakan tahapan
penelitian terhadap sistem berjalan dan bertujuan untuk mengetahui segala
permasalahan yang terjadi serta memudahkan dalam menjalankan tahap selanjutnya
yaitu tahap perancangan sistem.
Pengertian Analisis Sistem Menurut
Para Ahli
Adapun pengertian Analisis Sistem
menurut para ahli yang diantaranya yaitu:
Menurut Al Fatta, “2007:4” Analisis sistem ialah teknik
pemecahan masalah yang menguraikan bagian-bagian komponen dengan mempelajari seberapa
bagus bagian-bagian komponen tersebut bekerja dan berinteraksi untuk mencapai
tujuan mereka.
Menurut Jimmy L. Goal “2008:73” Analisis sistem ialah sebagai
penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian
komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi
permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan hambatan yang terjadi dan
kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.
Menurut O’Brien dan Marakas
“2009:639” Menurut
mereka analisa sistem ialah kegiatan menganalisa komponen dan requirement dari
sebuah sistem secara rinci.
Menurut Laudon dan Laudon “2010” Analisis sistem terdiri dari
mengidentifikasi masalah, mengidentifikasi penyebabnya, menentukan solusi dan
mengidentifikasi kebutuhan informasi yang diperlukan oleh system.
Menurut Mulyanto dkk “2008” Analsis sistem ialah sebuah teknik
pemecahan masalah yang menguraikan sebuah sistem menjadi komponen-komponennya
dengan tujuan mempelajari seberapa bagus komponen-komponen tersebut bekerja dan
berinteraksi untuk meraih tujuan yang telah ditentukan.
Peranan Analis Sistem
Analis sistem secara sistematis
menilai bagaimana fungsi bisnis dengan cara mengamati proses input dan
pengolahan data serta proses output informasi untuk membantu peningkatan proses
organisasional. Dengan demikian, analis sistem mempunyai tiga peranan penting,
yaitu
1. Sebagai konsultan
2. Sebagai ahli pendukung
3. Sebagai agen perubahan
Tugas Analis Sistem
Adapun tugas-tugas yang dilakukan
oleh seorang analis sistem adalah :
1. mengumpulkan dan menganalisis semua dokumen, file, formulir yang digunakan pada sistem yang telah berjalan.
1. mengumpulkan dan menganalisis semua dokumen, file, formulir yang digunakan pada sistem yang telah berjalan.
2. menyusun laporan dari sistem yang
telah berjalan dan mengevaluasi kekurangan-kekurangan pada sistem tersebut dan
melaporankan semua kekurangan tersebut kepada pemakai system.
3. merancang perbaikan pada sistem
tersebut dan menyusun sistem baru.
4. menganalisis dan menyusun
perkiraan biaya yang diperlukan untuk sistem yang baru dan memberikan argumen
tentang keuntungan yang dapat diperoleh dari pemakian sistem yang baru
tersebut.
5. mengawasi semua kegiatan terutama
yang berkaitan dengan sistem yang baru tersebut.
- Penguraian dari suatu Sistem Informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikannya.
Tahapan Analisis sistem
- Tahap analisis merupakan tahap yang paling kritis dan sangat penting, karena kesalahan di tahapan ini akan menyebabkan kesalahan di tahap selanjutnya
- Hasil dari analisis sistem adalah:
laporan yang dapat menggambarkan
sistem yang telah dipelajari dan diketahui bentuk permasalahannya serta
rancangan sistem baru yag akan dibuat atau dikembangakan.
Tujuan Analisis Sistem
- Memberikan pelayanan kebutuhan informasi kepada fungsi manajerial di dalam pengendalian pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan
- Membantu para pemngambil keputusan
- Mengevaluasi sistem yang telah ada
- Merumuskan tujuan yang ingin dicapai berupa pengolahan data maupun pembuatan laporan baru
- Menyusun suatu tahap rencana pengembangan sistem
Yang perlu diperhatikan oleh
Analisis Sistem
- Mempelajari permasalahan yang ada secara terinci
- Menentukan pendekatan yang akan digunakan dalam memecahkan masalah
- Membuat suatu pertimbangan apakah perlu atau tidak menggunakan cara komputerisasi.
Langkah langkah dalam Pengerjaan
Analisis sistem
- Mengidentifikasi masalah
- Mengidentifikasi penyebab masalah
- Analisis sistem
- Mengidentifikasi solusi dari masalah
- Analisis Kebutuhan
- Mengidentifikasi data apa dan proses apa yang dibutuhkan pada sistem baru.
- Menentukan kebutuhan fungsional dan non-fungsional dari sistem baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar