Pengertian
E-Business
Begitu banyak
definisi tentang e-business yang terdapat dalam literatur dan internet. Berikut
ini
adalah beberapa di antaranya:
adalah beberapa di antaranya:
a)
E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama
seperti
perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan
pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan
data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business.
perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan
pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan
data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business.
b)
E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi
maupun dari organisasi
ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill)
ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill)
c)
. Penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi,
koordinasi, dan
manajemen organisasi. (Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon. 2001. Esssentials of Management Information Systems: Organization and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall)
manajemen organisasi. (Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon. 2001. Esssentials of Management Information Systems: Organization and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall)
Evolususi
e-business di Perusahaan
- Brochurware = Pada tahap ini internet digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan brosur elektronik.
- Customer Interactivity = tahap dimana perusahaan mulai mengembangkan kemampuan aplikasi situsnya untuk memungkinkan komunikasi 2 arah (dialog).contoh:chatting, teleconference
- Transaction Enabler = Pada tahap
ini adalah pengembangan suatu aplikasi yang memungkinkan terjadinya
transaksi bisnis secara electronik.
a. Mekanisme pembelian oleh konsumen.
b. Mekanisme perusahaan dengan rekanan bisninsya. - One-to-one Relationship = Terbentuknya mekanisme yang memungkinkan terjadinya transaksi perdaganan antarindividu
kiat kiat dalam e-business
diantaranya :
·
Membenahi
terlebih dahulu sistem pengelolaan sumber daya perusahaan secara terpadu.
·
Membuat perencanaan investasi teknologi secara mendetail dan komprehensif.
·
Menentukan arah investasi teknologi untuk menjawab kebutuhan jangka
panjang.
·
Membentuk
struktur organisasi yang fleksibel dan adaptif terhadap perubahan.
·
Melakukan kerjasama kondusif dengan berbagai mitra bisnis (vendor, pemasok
barang, lembaga keuangan, dan lain sebagainya).
Metode Pengembangan e-Business :
·
Pertimbangan
Komodit
·
Infrastruktur
Pengembanga
·
Perencanaan
Basisdat
·
Pengembangan
Program Aplikasi
·
Implementasi
dan Disseminasi
Strategi Pengembangan e-Business :
·
Penyusunan
Rencana Pengembangan
·
Pembangunan
secara bertahap/dinamis
·
Perlu menetapkan
prioritas implementas
·
Pemilihan Teknologi yang tepat
·
Penyiapan Sumber Day
·
Gunakan jasa Web-Hosting
·
Pengembangan diserahkan pihak ketiga
·
Kerjasama dengan
Institusi Penyedia jasa Internet
Efek Positif dan Negatif E-Business
·
Positif:
Ø Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak
bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
Ø Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
Ø Menurunkan biaya operasional (operating cost).
Ø Melebarkan jangkauan (global reach).
Ø Meningkatkan customer loyality.
Ø Memperpendek waktu produksi.
Ø Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
·
Negatif :
Ø Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa
menyingkap semua informasi
rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan
kerugian yang besar bagi si korban
Ø Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini
bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau
jaringan yang tidak berfungsi.
Ø Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor
seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha
menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
Ø Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan
pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan
sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
Ø Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan
sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan
faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
Faktor-Faktor
Penyebab Kegagalan E-Business
·
Tidak ada
komitmen yang utuh dari manajemen puncak.
·
Penerapan
e-business tidak diikuti proses change management.
·
Tidak
profesionalnya vendor teknologi informasi yang menjadi mitra bisnis
·
Buruknya
infrastruktur komunikasi
·
Tidak selarasnya
strategi TI dengan strategi perusahaan.
·
Adanya masalah
keamanan dalam bertransaksi
·
Kurangnya
dukungan financial
·
Belum adanya
peraturan yang mendukung dan melindungi pihak-pihak yang bertransaksi
(cyberlaw),
·
Menggunakan
target jangka pendek sebagai pijakan investasi e-business.
Pendukung Keputusan e-Business
a) Pendukung Keputusan Dalam e-Business
Untuk dapat sukses dalam E-Business dan E-Commerce, perusahaan memerlukan
system informasi yang dapat mendukung bermacam-macam informasi dan membuat
keputusan yang diperlukan oleh manajer dan seorang profesional bisnis.Level of
managerial decision making yang harus ddidukung oleh teknologi informasi adalah
:
1. Strategic
Management
Dewan
direksi,komite eksekutif yang mengembangkan sasaran keseluruhan, strategi,
kebijakan, dan tujuan sebagai bagian dari proses perencanaan stratejik. Mereka
juga melakukan monitor terhadap kinerja stratejik perusahaan dan keseluruhan
arah politik, ekonomi, dan lingkungan persaingan
2. Tactical Management
Para menajer yang
mengembangkan rencana jangka pendek dan menengah, penjadwalan, anggaran,
merinci kebijakan, prosedur, dan tujuan bisnis bagi subunitnya. Mengalokasikan
sumber daya dan memonitor kinerja subunitnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar