·
Pengertian Microsoft Excel
Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel atau Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet
yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft
Corporation
untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik
yang, dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program
komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan
program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform
PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari
Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Excel 2013 yang diintegrasikan di
dalam paket Microsoft Office 2013.
·
Rumus- Rumus Dalam Microsoft Office
Excel
1.Operasi Logika
Dibawah ini
terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan
dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
b. > : lebih besar dari
c. < : lebih kecil dari d. >= :
lebih besar atau sama dengan
e. <= : lebih kecil atau sama dengan
f. <> : tidak sama dengan
2. Menggunakan Fungsi
Fungsi
sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan
membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan
kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa
angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan
diapit tanda kurung ().
A. Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang
digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan
pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
1. Fungsi If :
Bentuk penulisannya :
=If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
Contoh :
=If(A5<17,”anakanak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
2. Fungsi String
Fungsi string berfungsi untuk
mengubah isi text numeric menjadi bilangan
3. Fungsi
VALUE :
digunakan untuk merubah nilai value
menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)
4. Fungsi
FIND :
digunakan untuk menghasilkan posisi
substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,
penulisannya : =FIND(cari text,pada
text,mulai nomor
5. Fungsi
MID
digunakan untu mengambil karakter
tertentu dari sederet karakter,
penulisannya : =MID(text,posisi
awal,jumlah karakter)
6. Fungsi
LEFT atau RIGHT :
digunakan untuk mengambil substring
sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah
karakter)
7. Fungsi REPLACE :
digunakan untuk menggantikan
substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau
karakter),
penulisannya : =REPLACE(text
lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru
8. Fungsi CONCATENATE :
digunakan untuk menggabungkan string
menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya :
=CONCATENATE(text1,text2,…)
B. Fungsi Tabel
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan
untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP),
penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
Fungsi yang sering digunakan
a.
fungsi Sum : Digunakan untuk menjumlahkan
sekumpulan data pada satu range,
penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
b.
Fungsi Average : Digunakan untuk mencari nilai
rata-rata
penulisannya : =average(number1,number2,…)
c.
Fungsi Max : Digunakan untuk mencari nilai
tertinggi dari sekumpulan data,
penulisannya :
=max(number1,number2,…)
d. Fungsi
Min: Digunakan untuk mencari nilai
terendah dari sekumpulan data,
penulisannya : =max(number1,number2,…)
e.
fungsi Count : Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang
kita pilih
f.
Fungsi Stedev : Digunakan untuk menentukan
standart devisiasi dari suatu range,
penulisannya :
=stedev(number1,number2,…)
g.
Fungsi Var : Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu
range, penulisannya : =var(number1,number2,…)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar